5 Obat Rambut Rontok Dengan Formula Herbal

Formula herbal untuk rambut rontok - Artikel ini akan memberikan beberapa informasi tentang beberapa jenis formula tumbuhan herbal  yang biasa di gunakan untuk perawatan rambut rontok menurut riset penelitian dari  departemen ilmu farmasi oleh dr.Dixit di India. Kerontokan rambut  adalah kelainan, dimana area  kulit kehilangan rambut dan biasa terjadi di kulit kepala. Kerontokan ini mempengaruhi berbagai macam fungsi biologis dari rambut itu sendiri, yaitu sebagai pelindung matahari dan penyerap keringat .Jenis kerontokan rambut yang sering terjadi pada wanita maupun pada pria secara medis adalah  alopecia dimana sering disebut sebagai kerontokan berpola dan biasa dipengaruhi oleh faktor genetik. 

Walaupun kerontokan bukan merupakan penyakit yang mengancam jiwa namun rambut merupakan aset kosmetik yang sangat penting. dimana rambut berfungsi sebagai pelindung dan memiliki peranan penting secara psikologis. Seseorang yang mengalami kerontokan rambut yang parah cenderung memiliki kepercayaan diri yang rendah sehingga berdampak pada kehidupan sosial orang tersebut. 

Berikut 5 Formula herbal mengobati rambut rontok:

         1. Emblica officinalis Linn. (buah Malaka/Amla)

Buah Amla, source: amla fruit
E. officinalis Linn.(nama lain. Phyllanthus emblicaLinn.), Buah malaka berbentuk bulat dan hijau sekilas mirip jambu. Buah ini dikenal sebagai gooseberry india dan sering digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai penumbuh rambut. Buah malaka dilaporkan dapat meningkatkan metabolisme zat besi. Zat besi terlibat dalam oksigenasi sel merah di tubuh kita, zat besi penting utnuk pertumbuhan rambut normal dan untuk perawatan rambut yang sehat. Kerkurangan zat besi mengarah pada kerontokan rambut karena oksigen yang kurang pada rambut.

Ekstrak dari buah malaka merangsang proliferasi dari sel kulit , yaitu fase dimana sel mengalami pengulangan siklus secara biologis tanpa hambatan . proliferasi sel kulit terjadi ,tergantung dari konsentrasi buah Malaka itu sendiri. Salep herbal dan minyak rambut herbal dari buah malaka sering di promosikan sebagai penumbuh rambut. Formula herbal yang mengandung E. officinalis (Linn Tridax procumbens (Linn.), Hibiscus rosa sinensis (Linn.), Trigonella foenum graecum (Linn.), dan menunjukkan efek sinergis dengan peningkatan yang signifikan pada aktivitas pertumbuhan rambut.

2. Bacopa Monnieri Linn.

 Bacopa monnieri Linn. source: wikipedia

B. monnieri Linn. adalah rumput india yaitu tumbuhan rambat yang kecil dan memiliki rasa yang pahit ,dikenal juga sebagai moneywort atau brahmi . Dan biasa digunakan pada ramuan tradisional di india selama bertahun tahun .senyawa ini bertanggung jawab dalam efek farmakologis termasuk alcaloid , saponin dan sterol. Tanaman ini mengandung alkaloid yang meningkatkan aktivitas protein kinase untuk pertumbuhan rambut. Minyak rambut herbal yang berformulasikan Bacopa menunjukkan aktivitas pertumbuhan rambut yang menonjol

3. Trigonella foenum graecum Linn.

image source : medplants
Trigonella foenum graecum Linn biasa dikenal sebagai Fenugreek atau kelabat merupakan tanaman herbal yang wangi. Tumbuhan ini terutama mengandung flavonoids, quercetin, luteolin, saponins, diosgenin, tigogenin, gitogenin, trigonelline, protein(26%), lemak (6%), karbohidrat, galactomannan(44%). Daunnya berguna dalam pengobatan pembengkakan eksternal dan internal pada tubuh dan juga luka bakar, serta dapat mencegah rambut rontok. Formulasi yang mengantung ekstrak petroleum ether menunjukkan waktu minimum untuk memulai ( 5 hari ) juga untuk menyelesaikan pertumbuhan rambut (18 hari)pada permukaan yang gundul. Formulasi dengan ekstrak ethanol menunjukkan sifat pemanjangan rambut yang paling baik di bandingkan dengan Aloe vera dan Semicarpus. Formulasi yang mengandung Trigonella foenum graecum (Linn.), Tridax procumbens (Linn.), Hibiscus rosa sinensis (Linn.), (Linn.), dan Embilica officinalis (Linn.) menunjukkan efek sinergis dengan peningkatan yang signifikan pada aktivitas pertumbuhan rambut.

4. Hibiscus rosa-sinensis Linn.

Hibiscus rosa sinensis, source: wikipedia
Hibiscus rosa sinensis Linn atau bunga kembang sepatu adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga ini memiliki berbagai warna . di sumatra dan Malaysia kembang sepatu disebut dengan nama bunga raya , orang jawa menyebutnya worawari. Daun dan bunganya berfungsi untuk pertumbuhan rambut dan membantu dalam penyembuhan luka. Bunga ini mengandung taraxeryl acetate, beta-sitosterol,camposterol, stigmasterol, erogosterol, flavonoids, glycosides, lipid , citric dan asam oxalic
Ekstrak daunnya dapat meningkatkan kepanjangan dari rambut itu sendiri . Formulasi herbal yang mengandung, Hibiscus rosa sinensis LinnEclipta alba Hassk ,Nardostachys Jatamansi memiliki aktivitas pertumbuhan rambut yang sangat baik, formula ini terutama bertindak dalam pembesaran ukuran folikel rambut dan perpanjangan fase anagen.

5. Polyporus umbellatus

Polyporus umbellatus, images by wikipedia
Polyporus umbellatus adalah spesies jamur langka yang dapat dimakan . Jamur ini bersifat saprofitik dan ditemukan tumbuh pada akar pohon beech atau ek tua. Jamur ini biasa disebut sebagai maitake cina. Komponen aktif yang utama pada jamur ini adalah polysaccharida dan senyawa steroidal. Pada penelitian in vitro yang menggunakan kultur organ kulit kepala dan folikel rambut manusia dengan ekstrak jamur Polyporus umbellatus pada dosis yang rendah (1.28 - 6.4 􀀁g/ml) , menunjukkan pertumbuhan rambut yang sangat nyata dan dapat memperpanjang periode pertumbuhan rambut. Sementara pada campuran ekstrak dengan dosis yang tinggi (4 - 20 mg/ml) akan menghambat pertumbuhan rambut dan memperpendek periode pertumbuhan rambut.

Latest
Previous
Next Post »